Buah Semangka, Manfaatnya Luar Biasa

Buah tropis yang satu ini tak kenal musim, setiap hari banyak kita jumpai di setiap penjual buah baik yang dipinggir jalan, pasar tradisional maupun pasar modern, hypermart dan sejenisnya.
Kandungan likopen dalam buah Semangka (Citrullus Lanatus) mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Warna merah pada semangka menandakan tingginya kadar likopen, sebab itu makan semangka merah lebih disarankan daripada semangka kuning. Dibandingkan senyawa antioksidan lainnya, khususnya vitamin C dan vitamin E, kekuatan likopen semangka memerangi radikal bebas ini jauh lebih ampuh. Setiap satu molekul likopen mampu menghabisi beberapa molekul radikal bebas sekaligus.
Radikal bebas merupakan hasil sampingan metabolisme. Setiap saat tubuh menghasilkan radikal bebas. Akan tetapi radikal bebas, salah satu atomnya tidak memiliki pasangan. Atom ini adalah hidrogen, sehingga ia selalu berburu mangsa berupa oksigen dalam sel tubuh. Akibatnya, kesegaran sel menyusut, layu, dan aus. Jika perusakan sel oleh radikal bebas berlangsung tak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi, atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun. Kerusakan sel akibat ulah radikal bebas ini dapat teramati secara fisik, seperti kulit kering, suram, kendur dan berkurang kekenyalannya.

Khasiat Semangka

Nah, likopen semangka ini akan melumpuhkan radikal bebas tersebut sebelum sempat beraksi. Bahkan, likopen dibantu zat antioksidan lain dalam semangka, yakni betakaroten, mampu menyegarkan kembali sel-sel layu yang sudah telanjur dirusak oleh radikal bebas.
Maka jangan heran jika penggemar semangka, disamping buah-buahan segar lainnya serta sayuran segar, pasti memiliki wajah bercahaya, tampak segar dan lebih muda.
Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda.
Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah.
Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.

Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi
bisa menetralisasi tekanan darah.

Likopen juga mampu menumpas bibit kanker, dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita.

Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat.

Peluruh kencing batu dan penurun demam

Kombinasi kadar air dan kalium yang tinggi menjadikan semangka dapat diandalkan sebagai makanan diuretika, guna merangsang keluarnya air seni lebih deras. Baik sekali untuk membantu penyembuhan gangguan sulit kencing (anyang-anyangan) dan mencegah gangguan pada kandung kemih, seperti kencing batu.
Makan semangka baik untuk menurunkan demam.

Konsumsi semangka

Berapa banyak semangka yang harus dihabiskan guna mendapatkan manfaat tersebut?
Tidak banyak, sehari cukup menghabiskan 1/8-1/2 bagian buah semangka (tergantung ketajaman warna merah semangka dan besarnya buah), yang menyumbangkan 15-20 mg likopen.

Semangka disebut buah kuat untuk pria ?

Likopen dalam semangka juga menyumbangkan kasiat khusus untuk pria menikah.
Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria.
Bagi mereka yang rindu punya keturunan, buah ini juga bisa sangat membantu.
Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka,
memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping.
Mau coba?

(Berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih bila Anda telah memberikan komentar.
Thank you if you have to comment.

 

Your Message Here

Ekspresi ©  Copyright by: Jaga Sehat